Tuesday, June 7, 2011

[Bolgul Week] Bolu Gulung Pisang Ambon Selai Kacang

Di BBG NCC Bogor lagi ribut-ribut pada ngeyel bikin bolgul. Yang paling tertantang yang cuma modal oven tangkring. Apalagi otangnya gak punya api atas. Apalagi setiap bikin kalo gak masih nempel jadi bolgul gundul, retak karena kekeringan ^^v Kalo mau berhasil, kudu ngeyel, gitu kata Buk Sylvie.

Karena email NCC baru masuk lagi setelah bounching sekian lama, baru tau dong kalo ada even Bolgul Week NCC! Waaah pas banget. Belum lagi pas masuk tuh postingan resepnya Bu Fat, Bolu Gulung Pisang Ambon. Wedeeew, kebayang harumnya wangi pisang.

Jadi telepon lah ke rumah. Minta tolong dibeliin pisang ambon, butuh sebiji, kalo ada tetangga *ngelirik Mba Sandra Lena* bisa minta aja kali hihihi. Sebenernya pingin banget bisa bikin kue bolu pisang yg warnanya coklat gelap dan berserat indah, tapi pisangnya pisang apa sih? Dan di Bogor di mana belinya? Do not know. Kalo pisang ambon mah ada mamang tukang buah yang suka mangkal di depan komplek. Dan untungnya kemaren kebagian.

Pulang kantor, kena jebakan sinyal, biasalah KRL gak ada matinye kalo udah urusan gangguan sinyal. Mau mampir Giant kok ya males bener. Jadi ngandelin Indomaret dan mini mart deket rumah buat nyari gula palem, gak yakin masih punya persediaan, terakhir dipake buat bikin ontbijtkoek keknya. Kalo bubuk spekoek yakin masih punya, wong beli dobel :D Mayan jadi bisa dikaryakan walaupun hanya satu sendok makan.

Ternyata setelah keliling 4 toko, gak nemu juga tuh palm suiker. Pasrah deh. Kalo gak nekat jadi gula pasir semua, ya besok lagi. Sampe rumah langsung bongkar-bongkar lemari dan ngacak-ngacak meja. Eh, nemu palm suiker, expired masih 3 bulan lagi, tapi dengan semut segambreng. Yay! Gak deh. Setelah ngubek-ngubek lagi, nemu dong sebungkus palm suiker masih baru, dan expired taon depan! Alhamdulillah, rejeki gak kemana ^^

Jadi, mulailah manasin otang. Ditunggu kira-kira pas loyang masuk itu udah setengah jaman. Sambil ngocok telor. Nah, resepnya tak modif ini, karena udah ada NCCer Bogor yang berhasil dengan mengurangi putih telur dan menambah kuning telur, jadi 4 telurnya saya ganti jadi 3 telulr utuh + 2 kuning telur. Nah, untuk margarin/butter yang dilelehkan, berhubung ketularan malesnya, jadi diganti juga pake minyak goreng! Hehehehe...

Teruuus, karena gak pernah nemu selai coklat yang pas dilidah *apa karena udah sering ngicip ganache ye?* jadi memutuskan beli selai kacang aja, ples meses. Jadi deh nama bolgulnya lebih panjang dikit ^^

Pas manggang, karena biasanya selalu kurang kering, tapi kalo kering jadi keras dan patah, saya pakai loyang lagi di bawah, saya isi air. Loyang bolgul ditaruh di rak paling atas sejak awal. Ini nemu inspirasi dari MPnya Cik Ine (elkaje). Hasilnya bener lebih mulus, kering sempurna (pas dipijit gak bunyi pesss pesss lagi dan gak lengket), tapi gak keras, jadi masih bisa digulung sempurna. Cuma ternyata teksturnya jadi beremah :( Lain kali kalo bikin lagi mau dibanyakin cairannya deh :)

Penyesalannya, ternyata kalo pake selai kacang malah jadi gak keliatan gulungannya :( kurang kontras! Hiks...

Abis ini mau bikin yg asin ah, tergoda nyoba si floss roll nya ^^


No comments:

Post a Comment